DPRD Ciamis Umumkan Akhir Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati

 


Ciamis, Ekspos Ciamis - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis mengumumkan pemberhentian masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024, Dr. H. Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Yana D. Putra, dalam sidang paripurna pada Selasa, 5 Desember 2023. Pengumuman tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 79 ayat (1) Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sidang paripurna DPRD Ciamis dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ciamis, Dede Herli, S.Pt., M.M., yang didampingi oleh Wakil Ketua II dan III DPRD, Pipin Arip Apilin dan Sopwan Ismail, S.Psi., M.H. Dalam pengumuman tersebut, Wakil Ketua DPRD Ciamis, Dede Herli, menjelaskan bahwa pemberhentian tersebut merupakan bagian dari proses sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, dalam tanggapannya, menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Ciamis serta kepada masyarakat Kabupaten Ciamis atas dukungan yang telah diberikan selama masa jabatannya. Herdiat juga mengucapkan permintaan maaf atas kesalahan dan kekhilafannya selama menjabat. Meskipun demikian, dia menyatakan keyakinannya bahwa Kabupaten Ciamis akan terus maju di bawah kepemimpinan yang baru.

Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis akan berakhir pada 31 Desember 2023. Selanjutnya, roda pemerintahan daerah akan dijalankan oleh Penjabat Bupati dari kalangan birokrat selama periode transisi. Nama calon penjabat bupati akan diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Barat untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

Bupati Herdiat Sunarya juga menyoroti pencapaian selama masa jabatannya, mengungkapkan bahwa sebagian besar dari visi dan misi Kabupaten Ciamis yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah tercapai. Dengan demikian, pengumuman pemberhentian ini menandai akhir dari periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024, sambil menandai awal dari tahap transisi menuju kepemimpinan yang baru untuk Kabupaten Ciamis.

Post a Comment